Masalah Sosial di Masyarakat

PERMASALAHAN SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKITAR

Manusia adalah makhluk sosial. Apa yang dimaksud dengan makhluk sosial? Yang dimaksud makhluk sosial adalah manusia membutuhkan manusia lain untuk melanjutkan hidup mereka. Dengan kata lain mereka memiliki keterikatan saling membutuhkan antara manusia satu dengan manusia lainnya. Contoh sederhana nya adalah kita membutuhkan nasi sebagai makanan pokok kita orang Indonesia, tetapi nasi tidak begitu saja jadi. Nasi mengalami beberapa proses agar menjadi nasi, nasi berasal dari beras, beras berasal dari padi dan padi yang biasa ditanam oleh para petani. Jadi secara tidak langsung kita membutuhkan petani supaya kita dapat makan.

Manusia memiliki sifat baik dan sifat buruk. Mungkin lingkungan sekitar dapat mempengaruhi sifat kita. Ada beberapa orang menganggap orang kampung atau orang desa dengan orang kota memiliki sifat yang berbeda. Ada yang mengatakan orang desa atau orang kampung memiliki sifat sosial yang tinggi, karena mereka hidup saling berdampingan dan saling sering berkomunikasi antar tetangga. Jadi tali persaudaraan mereka lebih erat dibandingkan dengan masyarakat yang tinggal di kota. Orang kota berkebalikan dengan orang yang tinggal di desa. Dari segi tempat tinggal orang kota lebih kurang bersahabat dengan masalah sosial. Perumahan elite di kota, kita dapat melihat rumah-rumah besar dengan dinding dan pagar yang menjulang tinggi sehingga tidak dimungkinkan mereka jarang berkomunikasi dengan tetangga nya. Justru ada sebagian masyarakat yang tidak mengenal tetangganya. Ini adalah salah satu permasalahan sosial yang ada di lingkungan sekitar saya.

Orang yang memiliki karakter seperti itu, yang tidak peduli dengan keadaan sekitar itu sangat memprihatinkan. Karena jika terjadi sesuatu orang yang paling dekat untuk kita minta tolong adalah kepada ketetangga. Di lingkungan sekitar pun juga ada masyarakat yang mendirikan bangunan rumah besar dan megah di dekat dengan pemukiman penduduk menengah kebawah. Ini dapat menyebabkan kecemburuan social di masyarakat. Para masyarakat yang susah mencari makan dan menghidupi keluarga nya harus sering melihat kemewahan dan kekayaan orang lain yang lebih bisa menggapai segalanya dengan uang. Tentu masalah ini dapat menyebabkan kesenjangan sosial yang ada dimasyarakat kita. Contoh nya adalah banyak nya tindakan kriminal seperti pencurian, perampokan dan perampasan. Maka jangan salahkan mereka  yang melakukan tindakan kriminal seperti itu. Mungkin mereka melakukan itu karena tuntutan perut dan mereka terlalu banyak melihat kemewahan dan kekayaan milik orang lain sehingga mereka harus melakukan itu agar dapat mengisi perut mereka yang kosong.

Permasalahan sosial yang banyak terjadi dilingkungan sekitar adalah masalah pengangguran. Pengangguran sekarang terjadi dimana-mana. Hal ini disebabkan banyak nya para pencari kerja tetapi sedikit nya lapangan kerja yang tersedia. Itu hanya salah satu sebab terjadinya pengangguran. Contoh sebab lain adalah Sumber Daya Manusia yang kurang berkualitas. Para generasi muda sekarang lebih suka bermalas-malasan dan bermain dari pada belajar demi menggapai masa depan. Sehingga disaat mereka dewasa karena tingkat pendidikan mereka sangat rendah sehingga mereka kesulitan mencari pekerjaan dan akan menjadi pengangguran. Kita harus berusaha mencapai hasil yang terbaik dalam hidup kita sehingga kita akan menjadi manusia yang berkualitas dan dapat membantu mengurangi masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar kita.

Jadi permasalahan sosial yang terjadi dilingkungan masyarakat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : kemiskinan, tingkat pendidikan rendah, tindakan criminal, penganggura, dll. Masi banyak faktor yang menyebabkan muncul nya masalah sosial dimasyarakat kita. Masalah ini tidak hanya terjadi di Negara kita saja tetapi masalah ini terjadi sama rata di seluruh pelosok dunia.

NAMA  : MUHAMMAD EDWIN HERMAWAN

NPM      : 52409037

TUGAS 1 – KELAS : 1IA22

TUGAS ISD – GUNADARMA UNIVERSITY

5 responses to “Masalah Sosial di Masyarakat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s