Peran IPTEK Dalam Kehidupan

PENGARUH PERKEMBANGAN IPTEK DALAM KEHIDUPAN

Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang dimiliki oleh setiap manusia yang hidup di dunia ini. Dari zaman dahulu hingga sekarang manusia sudah memiliki akal pikiran untuk berfikir bertahan hidup dan menciptakan sesuatu yang dapat memudahkan proses hidup manusia. Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lain yang hidup di dunia ini. Manusia memiliki akal sehat dan pikiran sehingga dapat dimanfaatkan untuk sesuatu yang berguna dan bermanfaat.

 

Sejak jaman dahulu sudah banyak manusia yang berusaha menciptakan sesuatu yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. Contoh sesuatu yang telah ditemukan oleh manusia dan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia saat ini adalah listrik. Pada saat ini listrik merupakan kebutuhan pokok untuk manusia. Karena segala sesuatu saat ini membutuhkan sumber daya listrik. Segala alat yangtelah dibuat dan listrik yang telah ditemukan merupakan salah satu perkembangan ilmu pengetahuan teknologi yang berhasil dikembangkan oleh manusia untuk membantu atau membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Tentu dari semua alat dan segala sesuatu yang telah diciptakan tidak begitu saja jadi seketika. Para ilmuan berusaha keras melakukan eksperimen dan penelitian sehingga segala sesuatu dapat ditemukan dan dapat diciptakan. Dan hasil ciptaan mereka pun sangat berguna hingga saat ini.

 

Namun perkembanagan teknologi saat ini tidak hanya memiliki nilai positif, tetapi juga memiliki nilai negative. Mungkin dari segi positif perkembangan teknologi saat ini dapat memudahkan pekerjaan manusia dalam menyelesaikan pekerjaan nya tetapi dari segi negative nya manusia akan menjadi seseorang yang lebih pemalas, misalkan dalam segi kendaraan, mungkin kendaraan sangat berguna dalam kehidupan manusia dan fungsi kendaraan adalah untuk mengantar kita ke tempat tujuan kita dengan cepat dan lebih menghemat waktu tetapi kendaaraan yang menggunakan tenaga fosil akan mengeluarkan gas sisa hasil proses pembakaran dan dibuang ke udara bebas. Jika banyak manusia yang menggunakan kendaraan maka udara di dunia akan menjadi tidak sehat. Begitu juga pembangkit listrik, walaupun listrik sangat berguna untuk kehidupan kita sehari-hari karena peralatan kerja kita rata-rata menggunakan listrik tetapi tempat pembangkit listrik ada yang menggunakan batu bara dan fosil. Hal ini sama dengan kendaraan. Hal ini dapat merusak lingkungan.

Manusia akan selalu mengembangkan teknologi yang sudah ada agar selalu dapat lebih berguna dan semakin efisien. Karena manusia memiliki sifat yang tak pernah puas dengan apa yang telah dia miliki.

Sesuatu hal jika memiliki nilai positif maka pasti dia akan memiliki nilai negative pula tetapi nilai negative tersebut harus kita tekan seminimal mungkin agar sesuatu tersebut menjadi lebih bermanfaat.

Perkembangan teknologi yang sudah maju saat ini diharapkan dapat menjadikan manusia yang lebih berkualitas dan bermanfaat dan dapat melestarikan bumi ini agar kita selalu nyaman tinggal di bumi ini.

Jangan lah kita menyalah gunakan perkembangan teknologi karena ilmu-ilmu pengetahuan teknologi merupakan salah satu karunia Allah SWT yang telah diberikan manusia agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dapat berguna untuk kita semua.

Semakin maju pengetahuan teknologi maka itu merupakan salah satu cerminan kemampuan intelektual manusia yang semakin memiliki nilai kualitas yang baik dan juga berkembang.

 

NPM    : 52409037

Nama  : Muhammad Edwin Hermawan

Kelas   : 1ia22

Gunadarma University

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s