Integrasi Masyarakat Dalam Permasalahan Sosial

INTEGRASI MASYARAKAT DALAM PERMASALAHAN SOSIAL

Integrasi memiliki arti gabungan atau penggabungan. Segala sesuatu yang berintegrasi akan menjadi lebih kuat sehingga tujuan yang diinginkan akan menjadi lebih cepat tercapai. Manusia merupakan makhluk social yang saling membutuhkan sehingga kita tidak akan pernah lepas dari peran orang lain yang membantu hidup kita walaupun peran orang tersebut tidak terlihat kasat mata oleh kita. Yang dimaksud kasat mata contohnya adalah makanan yang kita makan seperti nasi berasal dari beras dan padi, padi ditanam oleh petani. Petani tersebut berasal dari luar kota sehingga tanpa kita sadari petani berperan sangat penting dalam kelangsungan kehidupan kita walaupun kita jarang melihat petnai tersebut menanam padi.

Banyak permasalahan social yang terjadi dimasyarakat saat-saaat ini. Dari kemiskinan, kesenjangan social, kurangnya lapangan kerja, buruk nya sarana dan prasarana penunjang hidup, dan ketidak adilan hokum antara rakyat jelata dan orang yang memiliki kekuasaan dan jabatan.

Dari waktu ke waktu masyarakat sudah mulai sadar bahwa permasalahan social tersebut harus ditemukan jalan keluar. Para masyarakat berusaha mencari jalan keluar bagaimana mereka keluar dari permasalahan tersebut. Dari kemiskinan para masyarakat berusaha menuntut kepada pemerintah agar mereka disediakan lapangan pekerjaan oleh pemerintah. Tapi apakah dalam masalah ini integrasi masyarakat berperan penting dalam memberantas kemiskinan ? mungkin dengan masyarakat berintegrasi maka permasalahan yang ada akan mejadi lebi mudah dihadapi sehingga masalah yang ada akan lebih mudah dihadapi.

Pada saat ini integrasi sangat bias dirasakan di kasus seorang ibu yang mengeluh perawatan sebuah rumah sakit di sebuah email kepada teman-temannya dan dituntut oleh pihak rumah sakit tersebut dengan tuntutan pencemaran nama baik dan ibu tersebut harus membayar sejumlah uang akibat tuntutan tersebut. Para masyarakat melihat kasus ini merupakan sesuatu yang tidak adil dalam hokum di masyarakat dan masyarakat dari seluruh indonesia berintegrasi agar dapat membantu ibu tersebut yang menjadi kekejaman ketidak adilan hokum.

Para masyarakat berintegarsi mengumpulkan uang dan hasilnya lebih dari cukup.

Dan pada masa orde baru pun masyarakat seluruh Indonesia berintegrasi agar masa orde baru diturunkan. Dengan masyarakat berintegrasi maka behasil lah keinginan rakyat agar lepas dari pemerintahan orde baru.

Jadi integarsi itu merupakan sesuatu yang berpengaruh untuk kemajuan bangsa dan Negara dan berintegrasi merupakan salah satu cara agar aspirasi rakyat didengar.

Dengan berintegarsi masyarakat menajdi akan lebih percaya diri dan berasa yakin bahwa sesungguhnya mereka mampu dan memiliki peran penting dalam berlangsungnya pemerintahan saat ini ..

Nama              : Muhammad Edwin Hermawan

NPM                : 52409037

Mata Kuliah    : Ilmu Sosial Dasar

Gunadarma University – Bekasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s