MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki hubungan antar manusia satu dengan manusia lainnya. Di dunia ini manusia tidak bisa hidup sendiri. Manusia hidup dan menetap di suatu daerah. Di daerah tersebut pun memiliki aturan dan adat istiadat tersendiri. Adat istiadat di setiap daerah pun berbeda-beda dan memiliki cirri khasnya masing-masing. Adatt istiadat, tingkah laku, cara hidup di suatu didaerah satu dengan yang lain pun berbeda dan semua itu disebut dengan budaya. Oleh sebab itu Indonesia sebagai negara yang snagat luas dan memiliki banyak daerah dan pulau memiliki berbagai macam kebudayaan dan negara Indonesia pun dikenal di dunia internasional sebagai negara yang kaya akan kebudayaannya.

Kebudayaan merupakan yang menjadi ciri khas suatu daerah dan tidak hanya di Indonesia.  Di berbagai negara di dunia pun memiliki berbagai kebudayaannya masing-masing. Budaya timur, budaya barat, budaya utara memiliki kebudayaan yang berbeda dan memiliki cirri khasnya masing-masing. Tetapi kebudayaan luar belum tentu diterima oleh kebudayaan yang lain karena seriap kebudayaan memiliki aturannya masing-masing.

Didunia ini setiap daerah selalu mempromosikan kebudayaannya masing-masing dan mereka akan selalu berusaha kebudayaannya dipakai orang banyak dan kebudayaan mereka dikenal oleh orang banyak. Hal ini memiliki dua sisi yaitu sisi negative dan sisi positif. Sisi positif adalah akan banyak masyarakat yang mengenal kebudayaan yang dipromosikan sehingga kebudayaan tersebut akan menyebar dan dikenal banyak orang. Sisi negative nya adalah kebudayaan yang masuk tanpa disaring oleh kebudayaan mereka tersendiri maka kebudayaan mereka yang menerima kebudayaan dari luar maka dapat hilang dan dapat ditinggalkan. Oleh karena itu kita harus bisa mempertahankan kebudayaan kita masing-masing. Di Indonesia sudah banyak kebudayaan yang masuk ke ke Indonesia tetapi Indonesia memiliki oenyaring kebudayaan yang masuk ke Indonesia. Penyaring tersebut adalah dengan Pancasila. Semua kebudayaan yang ada di Indonesia harus sesuai dan tidak boleh menyimpang dari makna pancasila karena makna pancasila merupakan pedoman hidup rakyat Indonesia.

Pedoman daerah setiap daerah merupakan kebudayaan kita bersama. Karena kita semua sama hidup di negara Indonesia. Berarti kita harus mempertahankan kebudayaan kita bersama dan jangan sampai hilang karena kebudayaan asing yang masuk secara deras ke dalam negara kita. Pada saat ini sudah bayak warga negara Indonesia yang sudah mengikuti kebudayaan asing. Hal ini sudah terlihat dari cara hidup dan gaya hidup mereka. Biasa nya orang-orang yang sudah terpengaruh kebudayaan luar adalah warga ibu kota. Hal ini disebabkan fasilitas di ibu kota sudah lebih maju dibancingkan dengan didesa jadi warga masyarakat di kota lebih banyak mengenal kebudayaan luar dibandingkan dengan kebudayaan mereka sendiri. Hal ini sudah sering terjadi, mereka mengangap kebudayaan asing lebih modern dan lebih bagus dibandingkan dengan kebudayaan mereka sendiri. Hal ini lah yang sepatutnya kita hindari. Kita harus bisa menganggap bahwa kebudayaan kita lah yang terbaik dan perlu dilestarikan.

Saat ini kebudayaan kita sudah mencapai ambang kritis. Warga masyarakat yang lebih mengenal dengan kebudayaan asing dibandingkan dengan kebudayaan mereka sendiri. Hal ini lah yang menyebabkan negara lain dapat mencuri kebudayaan kita. Kebudayaan kita yang sering tidak diperhatikan lalu negara lain mengambil celah untuk mempromosikan kebudayaan tersebut yang merupakan kebudayaan asli Indonesia.

Marilah kita lestarikan kebudayaan kita agar kebudayaan kita tidak termakan oleh kebudayaan asing yang masuk dengan deras ke negara kita. Ajarkanlah kebudayaan anak-anak kita sejak dini agar mereka lebih mengenal kebudayaan kita sebelum mereka mengenal kebudayaan asing. Jagalah apa yang harus kita jaga.

untuk tugas ILMU BUDAYA DASAR

Nama : Muhammad Edwin Hermawan

Kelas : 1IA22

NPM : 52409037

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s