Keindahan

Keindahan merupakan sesuatu yang tak bisa di ungkapkan oleh sebuah kata-kata. Keindahan hanya mampu dirasakan, dilihat, diterawang dan dinikmati. Keindahan pun yang kita lihat dan kita rasakan pun tidak bisa kita nikmati dengan mudah karena keindhaan dating dengan sendirinya. Keindahan luar dan keindahan dari diri kita merupakan sesuatu yang tidak bisa kita nominalkan dengan uang, karena keindahan yang ada dating dari Allah SWT. Allah SWT memberikan keindahan tersebut kepada umatnya agar umatnya akan selalu senantiasa bersyukur kepada pencipta bumi dan alam semesta ini. Karena keindahan tersebut merupakan suatu wujud dari karya yang tercipta. Keindahan dalam yang ada dalam diri kita memiliki arti yang sangat bermakna. Keindahan yang berada didalam diri seseorang merupakan nilai tersendiri bagi orang itu sendiri. Alangkah indahnya jika seseorang memiliki watak dan berperilaku bagaikan Nabi. Dia akan dipandang oleh masyarakat sekitar, akan dihormati, dihargai, dan diakui oleh sekitar masyarakat yang mengenal orang tersebut. Watak dan perilaku ital ah yang akan menentukan apakah didalam diri kita ini memiliki keindahan yang tersirat apa tidak.

Keindahan selain didalam diri kita adalah keindahan berdasarkan penglihatan. Keindahan berdasarkan penglihatan biasanya keindahan luar yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Keindahan luar ini merupakan hasil ciptaan. Contoh dari keindahan luar adalah hasil karya arsitektur dan pemandangan alam. Itu semua merupakan sebuah hasil ciptaan yang telah dibuat. Hasil karya itu semua merupakan hasil karya yang dapat dinikmati oleh semua orang yang ada. Tak peduli lapisan masyarakat, mereka semua dapat menikmatinya. Bahkan adapt istiadat yang merupakan kekayaan budaya Indonesia pun merupakan salah satu keindahan dalam negeri. Adat istiadat merupakan salah satu keindahan yang tidak dimiliki oleh Negara lain karena adat istiadat  merupakan salah satu ciri khas yang membedakan satu bangsa dengan bangsa lainnya.

Keindahan dan kesenian merupakan salah satu yang tak bisa terpisahkan karena hasil dari sebuah kesenian akan menghasilkan sebuah keindahan, bahkan sebuah keindahan dapat menentukan kualitas kesenian yang telah diciptakan. Kesenian adalah seusatu yang diciptakan oleh semua yang memiliki hasil karya yang indah dan dapat dinikmati olehorang banyak. Karya arsitekturpun merupakan salah satu dari hasil karya kesenian yang ada. Hasil karya aristektur merupakan salah satu hasil karya seni yang sudah banyak di berbagai Negara, gedung-gedung yang menjulang tinggi, rumah minimalis dan sebagainya. Itu semua merupakan hasil dari karya aristektur yang sudah menjamur dimasyarakat. Dan hasil karya ini pun sudah dipakai banyak masyarakat.

Renungan berasal dari kata renung artinya diam-diam memikirkan sesuatu atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan merupakan hasil dari merenung. Dalam merenung untuk menciptakan karya seni yang akan dihasilkan.

Keserasian berasal dari kata serasi yang berarti cocok. Contoh keserasian adalah dalam berpakaian, pemilihan warna dan sebagainya. Biasanya hasil dari keserasian ini dapat menimbulkan sebuah keindahan. Keindahan yang dihasilkan dari keserasian biasanya diciptakan oleh seseorang yang menciptakan karya seni.

Jadi keindahan merupakan salah satu yang dapat dinikmati dan tidak ternilai harganya dan renungan, karya seni, dan keserasian dapat menciptakan sebuah keindahan yang berkualitas. Keindahan dalam maupun keindahan luar merupakan sesuatu yang harus kita jaga karena itu semua pada dasarnya merupakan pemberian dari Allah SWT yang diberikan kepada umatnya secara cuma-cuma jadi sudah sepatutnya kita melestarikan keindahan yang ada dan tidak boleh menghancurkan keindahan yang ada.

Nama : Muhammad Edwin Hermawan

Kelas : 1IA22

NPM : 52409037

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s