Manusia dan Keadilan

Menurut kamu apa sih arti keadilan ? Dan kepada siapa saja kita harus bersikap adil? Adil dapat diartikan sebagai pembagian yang sama rata tanpa memandang suatu porsi subjektif. Keadilan diberlakukan oleh seluruh umat manusia yang ada dibumi. Keadilan yang diberlakukan oleh setiap umat adalah keadilan Umat Manusia terhadap Tuhannya. Coba anda renungkan apakah anda sudah bersikap adil kepada Tuhan? Tentu apabila kita ditanya hal yang seperti itu kita memiliki jawaban “tidak”. Coba anda ingat seberapa sering anda lebih mementingkan kepentingan duniawi dan kepentingan anda diri sendiri tanapa memperpedulikan kewajiban kita yaitu beribadah kebada Tuhan. Beribadah merupakan salah satu komunikasi kita terhadap tuhan agar kita selalu bersyukur dengan apa yang sudah kita dapatkan dan agar kita selalu dekat dengan kita. Kita sering melupakan hal itu untuk kepentingan duniawi. Walaupun kita sering berlaku tidak adil terhadap Tuhan tetapi Tuhan selalu tiada henti memberi nikmat kepada kita yang nilainya tidak bisa diperhitungkan. Kita diberi udara untuk bernafas, umur yang panjang, kesehatan, kebahagiaan, dan sebagainya. Tuhan sangat menyayangi kita walaupun kita sering melupakan dia. Dari hal kecil itu pula kita sudah beranggapan bahwa berperilaku adil itu sangat sulit dilakukan walaupun kita sudah sering berusaha sekeras-kerasnya agar kita bersikap adil.

Didalam kehidupan masyarakat seluruh dunia terdapat lembaga-lembaga peradilan. Lembaga ini dibuat untuk mengadili para pelanggar hukum agar mendapatkan hukuman yang adil sesuai dengan perbuatan yang dia lakukan. Manusia selalu berusaha bersikap adil tetapi dalam kenyataannya peradilan yang sudah dijalankan masih banyak menimbulkan pertanyaan, apakah undang-undang yang dibuat untuk peradilan sudah dilaksanakan dengan baik dan dijalan kan dengan benar sesuai dengan aturan yang berlaku? Mungkin pertanyaan seperti itu hanya masyarakat yang bisa menjawabnya. Didalam negara ini sering kita dengar orang-orang berkata “Orang yang mencuri buah untuk makan dipenjara sedangkan orang memakan uang rakyat bermilyar-milyar masih dapat bebas dijalanan”. Dari kata-kata seperti itu juga masyarakat juga bisa menilai kualitas lembaga peradilan yang ada di negara ini.

Dalam proses peradilan hal yang paling memiliki peran penting adalah kejujuran. Dengan kita memiliki sumber daya manusia yang jujur maka keadilan yang harus dijalankan dapat dijalankan dengan baik sedangkan apabila kejujura sudah sulit ditemui maka jangan harap ada kata adil di dunia ini. Dizaman seperti ini orang jujur sudah sulit ditemui. Orang-orang yang memiliki kekuasaan bisa berbicara dan mengubah kenyataan hanya menggunakan uang. Karena biaya kehidupan semakin besar maka makin banyak orang yang membutuhkan uang untuk biaya hidup sehingga banyak masyarakat yang dapat disogok untuk melanggar atruan yang sudah diberlakukan.

Sudah bayak korban dinegara ini atas ketidak adilan dalam proses peradilan. Tetapi banyak juga yang sudah mendapat perilaku adil. Hal yang paling ditakutkan oleh korban ketidak adilan adalah nama mereka menjadi tercoreng dan ini membutuhkan apa yang dinamakan dengan pemulihan nama baik. Pemulihan nama baik dilakukan agar nama mereka kembali menjadi bersih yang sebelumnya nama mereka terlibat kasus.

Hal yang sangat diharapkan dari seluruh rakyat didunia adalah keadilan dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya dan sumber daya manusia yang menjalankan proses peradilan dapat menjalankan tugas mereka dengan sejujurnya dan sebaik-baiknya agar proses peradilan dapat berjalan dengan baik sehingga kita dapat hidup dengan tenang dan sejahtera tanpa harus takut akan ketidakadanya keadilan.

NPM: 52409037

Nama : Muhammad Edwin Hermawan

Kelas : 1IA22

One response to “Manusia dan Keadilan

  1. Pingback: TUGAS SOFTSKILL PERIODE 3 | ephyrosmaladewi17

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s