UPAYA PEMBERDAYAAN AHLI IT DALAM PERDAGANGAN BEBAS

 

Pemberdayaan dilahirkan dari bahasa Inggris, yakni empowerment, yang mempunyai makna dasar ‘pemberdayaan’, di mana ‘daya’ bermakna kekuatan (power). Konsep lain menyatakan bahwa pemberdayakan mempunyai dua makna, yakni mengembangkan, memandirikan, menswadayakan dan memperkuat posisi tawar menawar masyarakat lapisan bawah terhadap kekuatan-kekuatan penekan di segala bidang dan sektor kehidupan. Pemberdayaan sangat penting disegala jenis profesi termasuk ahli IT. Masyarakat yang bersaing dengan teman 1 profesinya dan mereka tidak bersaing dengan ahli IT di dalam negeri namun mereka bersaing dengan ahli IT dari seluruh Negara.

Pada zaman ini seluruh Negara sudah menggunakan sistem perdagangan bebas. Sistem perdagangan bebas memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh sistem perdagangan bebas harus menjadi sebuah konsekuensi dari Negara yang menerapkan system tersebut. Banyak warga masyarakat beranggapan bahwa sistem perdagangan bebas merugikan Negara. Hal ini disebabkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh Negara kita kalah bersaing dengan sumber daya manusia yang dimiliki oleh Negara lain. Tetapi dibalik itu semua seharusnya itu menjadi sebuah semangat kita untuk menjadikan diri kita menjadi sumber daya manusia yang memiliki kualitas yang terbaik dan tidak kalah saing dengan kualitas sumber daya manusia Negara lain. Negara kita pun sudah mendukung untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia yang ada di negaranya. Negara sudah banyak melakukan pemberdayaan disegala macam aspek profesi termasuk di bidang IT. Ahli IT dimandirikan, diswadayakan dan diperkuat pengalamannya agar menjadi ahli IT yang tidak kalah saing dengan ahli IT dari Negara lain. Upaya yang sudah dilakukan adalah dengan cara berbagai macam acara IT dilaksanakan. Seminar, kursus, workshop dan jamboree IT merupakan salah satu upaya untuk menjadikan ahli IT dapat menambah pengetahuan yang dia miliki. Semua fasilitas sudah tersedia dan upaya-upaya sudah dilakukan agar kita menjadi manusia yang lebih baik.

Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna. Kita diberi akal dan pikiran yang dengan tujuan manusia akan menjadi makhluk yang bermanfaat. Semua manusia sama, namun hal yang membedakan manusia satu dengan yang lainnya adalah dari segi niat dan usaha mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s