Perkembangan Web

Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee, KBE (TimBL atau TBL) (lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955; umur 55 tahun) adalah penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya.

Saat ini internet sudah memudahkan hidup manusia. Mencari informasi, mendapatkan berita terbaru, berkomunikasi dengan teman-teman lama maupun baru, update pekerjaan dan lain-lain semua terasa lebih mudah. Tim Berners Lee adalah ilmuwan komputer yang menemukan dan mengembangkan jaringan internet (www). Lalu apa bedanya dengan internet? Internet adalah jaringan komputer sedunia yang dibentuk dan dikembangkan pertama kali oleh Departemen Riset Pertahanan AS. Sementara itu, WWW adalah media bagi orang untuk dapat berbagi dokumen, gambar, film, musik dan informasi, serta menjual barang dan jasa, sekaligus tempat menaruh company profile perusahaan atau data pribadi.

Jika internet merupakan jalan raya tempat terjadinya arus lalu lintas data, maka www adalah browser-nya (istilah yang populer saat ini). Browser memudahkan pengguna internet melakukan surfing dan menampilkan data yang diinginkan. Lee adalah penulis program browser pertama dan server WWW pertama di dunia. Contoh browser internet yang umum dipakai adalah Firefox, Opera, IE dan Safari. Lee juga menulis piranti lunak yang mendefinisikan Hyper Text Markup Language (HTML), Uniform Resource Locator (URL), dan Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Kesemuanya itu adalah bahasa pemrograman yang digunakan banyak orang untuk menampilkan isi sebuah situs dan protokol bagaimana situs-situs dapat ditemukan di internet dan berkomunikasi satu sama lainnya.

Kisah penemuan WWW ini berawal ketika ia bekerja di CERN, laboratorium fisika partikel milik Eropa di tahun 1980. Saat itu ia hanya bekerja sementara selama 6 bulan sebagai perekayasa piranti lunak (software engineer). Mengingat CERN merupakan institusi multi-nasional, Lee ingin membuat suatu software yang dapat menghubungkan data-data dan informasi yang dia miliki dan para periset lainnya. Dengan demikian mereka dapat bekerja dengan lebih efisien. Dia menamakan software tersebut Enquire, kependekan dari Enquire Within Upon Everything, judul ensiklopedia yang dia ingat waktu masih kecil. Ide ini lantas dikembangkannya di luar organisasi CERN.

Lee berpikir, mengapa hanya membatasi jaringan ini dalam CERN saja? Bagaimana kalau para ilmuwan di tempat lain ingin berbagi informasi? Maka, sistem yang dia ciptakan akhirnya berkembang pesat sepesat perkembangan jaringan internet itu sendiri. Lee lantas meluncurkan browser-nya pada tahun 1991. Tetapi belum banyak orang yang menggunakan media WWW yang ditemukannya, sampai beberapa tahun kemudian seorang bernama Marc Andressen meluncurkan browser yang lebih populer, Mosaic. Marc lantas mendirikan Netscape. Sejak saat itu pengguna internet dan WWW berkembang dengan sangat pesat. Kalau Marc menjadi miliuner dengan produk yang dibuatnya, Lee dengan visi jauh ke depannya memutuskan untuk berkiprah di organisasi nirlaba dan tak banyak mengambil untung dari penemuan dan keahliannya.

Selama rentang tahun 1991 hingga 1993, Lee terus berupaya membuat web agar bisa tampil maksimal. Ia mulai membuat perancangan untuk halaman web sekaligus mengoordinir masukan dari para pengguna internet. Ia juga tercatat sebagai orang pertama yang membuat browser, server, dan kunci protocol untuk internet. Hasil karyanya dalam membuat alamat URL, penggunaan HTTP, dan pengodean HTML terbukti berhasil dan menjadi kemajuan besar dalam perkembangan teknologi web.

Atas jasanya itu, Lee akan dianugerahi Millennium Techology Prize di Helsinki, Finlandia, 15 Juni 2007. Gelaran penganugerahan yang baru kali pertama diadakan itu juga memberikan hadiah sebesar US$ 1,2 juta (sekitar Rp 10,4 miliar) kepada Lee. Mendapat penghargaan itu, ia hanya berkomentar merendah, ”Banyak orang terlibat dalam perkembangan web. Saya hanya mengumpulkan gagasan dan mengemasnya.” Atas jasanya ini juga, Berners Lee mendapat kehormatan sebagai salah satu dari 100 orang berpengaruh di abad ini versi majalah TIME.

Saat ini,  Lee menjabat Direktur World Wide Web Consortium (W3C) yang berkantor di Massachussets Institute of Technology. W3C adalah sebuah organisasi yang memiliki 400-an anggota dengan staf sekira 40 orang yang tersebar di seluruh dunia. Tujuan organisasi ini adalah untuk mengembangkan teknologi yang dapat digunakan lintas platform, menetapkan spesifikasi, aturan-aturan, menciptakan berbagai piranti lunak dan alat-alat lainnya yang dapat mengoptimalkan penggunaan temuannya, World Wide Web.

Anggota-anggotanya terdiri dari Microsoft, Adobe, Intel, Macromedia, Oracle, dan banyak lagi. Mereka bekerjasama mengembangkan teknologi yang mengeksploitasi WWW agar dapat digunakan oleh lebih banyak orang, yang berarti juga membagi ilmu pengetahuan bagi sesama.

ada beberapa peristiwa bersejarah dalam perkembangan web ,d antaranya yaitu:

  • www = World Wide Wonder
    25 Desember 1990: Web akhirnya online
    Tentu saja momen yang paling bersejarah dalam perkembangan web adalah hari dimana web dilahirkan. Tim Berners Lee dan Robert Caillliau dari CERN research lab di Geneva mempersembahkan sebuah hadiah natal kepada dunia, ketika mereka berkomunikasi dengan web server pertama di dunia. Berners Lee pada awalnya mengembangkan sebuah sistem hypertext untuk mengawasi ratusan proyek, software dan komputer yang digunakan oleh departemne High Energy Physicc di CERN. Lee dan Caillau kemudian menciptakan konten web pertama, yaitu: CERN phone directory.
    Pada bulan Agustus tahun berikutnya, Barners Lee mengumumkan kreasinya ke dunia (atau setidaknya kepada sebagian penduduk dunia yang terhubung ke alt.hypertext newsgroup). Pada akhir 1992, 50 web server sudah terhubung, dan pada akhir 1994 angkanya terus bertambah sampai 2500. Sebuah dunia baru telah tercipta.
    Saat ini lebih dari 135 juta website terhubung dengan hyperlink dan memiliki rasio pertumbuhan 5% setiap bulannya (menurut Netcraft). Tidak ada aspek dari kehidupan kita yang belum tersentuh oleh web, dan kenyataanya bahwa anda membaca ini di komputer anda dan bukan di koran adalah salah satu buktinya
  • Yahoo!
    February 1994: Jerry dan David mem-bookmark web
    Awalnya bernama “Jerry and David’s Guide to the World Wide Web” dan pada April 1994 diganti menjadi : “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” atau disingkat Yahoo. Yahoo adalah site pertama yang berusaha mengatalogkan web, menawarkan daftar direktori dari setiap site penting, kemudian terlahir kembali sebagai web portal yang menggabungkan direktori dengan pencarian, berita, IM, e-mail dan jasa-jasa lainnya. Walaupun sekarang adalah masa kejayaan Google, tetapi masa-masa bersejarah dimana Yahoo berkuasa tidak akan pernah hilang dari sejarah.
  • Menawar di Internet
    3 September 1995 : eBay melakukan lelang pertamanya
    Dulu, satu-satunya cara untuk mendapatkan sedikit kompensasi dari barang bekas anda adalah dengan mengikuti berbagai lelang barang bekas. Tetapi eBay mengubah semua itu, sekarang puluhan ribu orang bahkan perusahaan kecil dan besar menggunakan eBay sebagai alat utama mereka, Ebay membawa e-commerce ke seluruh orang. Benda pertama yang berhasil dilelang adalah sebuah pointer laser yang rusak dan terjual dengan harga 14,83 US$.
  • Kedatangan Wiki
    15 January 2001: Wikipedia memasukkan entry pertamanya
    Wikipedia, sebuah ensiklopedia online dimana siapapun bisa menambahkan atau mengedit entri tentang topik apa saja. Sekarang memiliki 2 juta artikel dalam bahasa Inggris (totalnya lebih dari 7 juta) tentang apa saja dari Aaaargh!(sebuah game komputer) sampai ZZZap! (sebuah acara televisi untuk anak-anak). Jimmy Wales, sang pencipta, tidak ingat tentang entry pertamanya di wikipedia, tapi dia ingat kata-kata pertama yang dia ketikkan kedalam software Wiki, yaitu: “Hello world.”
  • Kini Anda Memiliki 3.255.620 Teman
    Maret 2003 : Friendster online
    MySpace telah menjadi sangat besar dan Facebook juga mulai populer. Tetapi keduanya tidak akan menjadi seperti sekarang jika bukan karena Friendster. Friendster adalah pionir pertama yang berusaha menghubungkan seluruh penggunanya. Jonathan Abrams, pendirinya, mendapatkan ide untuk Friendster dari pengalaman buruknya dengan site-site online dating yang bersifat anonim. Pada Juli 2003, Friendster telah memiliki lebih dari 1 juta pengguna, tetapi karena berbagai keputusan bisnis yang tidak baik maka site ini mengalami stagnasi dalam pertumbuhannya. Tetapi kini sepertinya Friendster mulai berusaha mengembalikan kejayaannya.

DEFINISI & KONSEP WEB 2.0

Meskipun sudah menjadi pembicaraan sejak tahun 2004, Web 2.0 bukanlah kata

yang familiar bagi pengguna internet. Masih banyak pengguna yang

mempertanyakan maksud dan manfaat dari penggunaan Web 2.0, terutama jika

dibandingkan dengan web yang telah mereka kenal selama ini.

Ketika Web 2.0 disebut sebagai tahap kedua dari perkembangan web yang telah

ada saat ini, muncul kekhawatiran akan tidak kompatibelnya versi web tersebut

dengan program web browser yang dimiliki pengguna. Padahal tidak ada

satupun teknologi di sisi pengguna (client) yang perlu di-upgrade untuk dapat

mengakses web tersebut. Perkembangan web 2.0 lebih menekankan pada

perubahan cara berpikir dalam menyajikan konten dan tampilan di dalam

sebuah website. Sebagian besar cara berpikir tersebut mengadaptasi gabungan

dari teknologi web yang telah ada saat ini.

Walaupun definisi mengenai Web 2.0 masih belum secara utuh diformulasikan

sampai hari ini, ada pihak yang mengatakan bahwa Web 2.0 lebih menekankan

pada social network atau jalinan sosial antara penggunanya seperti yang telah

kita lihat selama ini dalam dunia Blog (Konek edisi 5 Februari 2006). Dengan

adanya RSS di dalam Blog, informasi-informasi di dalam sebuah Blog

dimungkinkan dapat diadaptasi, dikoleksi, dan di-share untuk menjadi bagian

dari Blog lainnya.

Namun O’Reilly dan MediaLive International menekankan bahwa Web 2.0

merupakan sebuah platform bagi aplikasi. Mereka mendeskripsikan hal ini

sebagai sebuah software yang berjalan melalui media internet dengan bantuan

web browser dan tidak perlu diinstalasi terlebih dahulu seperti softwaresoftware

yang umumnya kita gunakan sehari-hari. Bahkan konsep mengenai

sistem operasi di dalam web juga masuk dalam definisi tersebut di dalam

konferensi Web 2.0 pada tahun 2005.

MS Word berbasis Web

Anda dapat menjalankan program pengolah kata seperti Microsoft Word, serta

mengubah dokumen dengan hanya mengunjungi situs yang menyediakan

program tersebut. Karena program tersebut dapat dijalankan melalui web

browser, Anda tidak perlu melakukan instalasi program apapun di dalam

komputer.

Beberapa praktisi internet telah mengenal kemampuan tersebut dalam AJAX

(Asynchorous Javascript and XML), yang menggabungkan teknologi HTML, CSS,

Javascript, dan XML dalam menciptakan aplikasi website yang dinamis. Contoh

aplikasi tersebut dapat Anda lihat pada Google yang menyediakan program

sejenis Microsoft Excel melalui situsnya di http://spreadsheets.google.com.

Melalui aplikasi di dalam situs tersebut, Anda dapat membuka dan mengolah

dokumen spreadsheet yang dimiliki. Bahkan dokumen tersebut dapat di-sharing

ke beberapa rekan di internet. Dengan adanya fasilitas penyimpanan, pengguna

tidak lagi membutuhkan media penyimpanan konvensional seperti disket atau

flash disk. Pengolahan data dan penyimpanan dokumen, bahkan sharing

dokumen, dapat dilakukan hanya dalam satu jendela web browser.

Tujuh Karakteristik

Meskipun definisi Web 2.0 belum secara solid diformulasikan, terdapat tujuh

prinsip yang mendasari karakter Web 2.0. Karakter tersebut antara lain web

sebagai platform dimana menjadikan web sebagai tempat bekerja di manapun

Anda berada. Cukup dengan membuka web browser, Anda dapat mengerjakan

tugas mengetik dokumen, perhitungan keuangan, atau merancang presentasi

melalui aplikasi-aplikasi yang telah disediakan dan dapat dijalankan secara

langsung melalui internet.

Karakteristik berikutnya, adanya partisipasi dari pengguna dalam berkolaborasi

pengetahuan. Hal ini mengingatkan akan pemberian kepercayaan kepada

pengguna internet untuk dapat berpartisipasi dalam berbagi pengetahuan di

Wikipedia, sebuah ensiklopedia berbasis web yang disusun berdasarkan

masukan-masukan pengguna internet di seluruh dunia.

Karakteristik ketiga, data menjadi trademark-nya aplikasi, mengingatkan kita

pada slogan “Intel Inside” yang telah melambungkan nama prosesor Intel di

kalangan pengguna komputer. Trademark tersebut telah menjadi suatu garansi

kepercayaan dari pengguna akan kemampuan komputer yang akan ataupun

sudah dibelinya. Maksud yang sama juga diusung oleh karakteristik ketiga ini,

dimana penyuplai data akan memberikan trademark yang akan digunakan oleh

pemilik website untuk memberikan garansi kepercayaan kepada

pengunjungnya. Sebagai contoh adalah “Nevteq Onboard” untuk data peta

pada sistem navigasi GPS dan “Powered by Google” untuk dukungan Google

Maps pada peta dunia berbasis web.

Sedangkan karakteristik selanjutnya, web 2.0 sebagai akhir dari siklus

peluncuran produk software, mengilustrasikan setiap produsen software tidak

lagi meluncurkan produknya dalam bentuk fisik. Karena web menjadi platform,

pengguna cukup datang ke website untuk menjalankan aplikasi yang ingin

mereka gunakan. Hasil dari pengembangan fitur di dalam software dapat

langsung dirasakan oleh pengguna. Software tidak lagi dijual sebagai produk

namun berupa layanan (service). Produsen yang memberikan pelayanan yang

cepat dan bagus, akan menjadi pilihan pengguna.

Karakteristik kelima, dukungan pada pemrograman yang sederhana dan ide

akan web service atau RSS. Ketersediaan RSS akan menciptakan kemudahan

untuk di-remix oleh website lain dengan menggunakan tampilannya masingmasing

dan dukungan pemrograman yang sederhana.

Karakteristik keenam, software tidak lagi terbatas pada perangkat tertentu.

Hal ini mempertegas posisi web sebagai platform dimana setiap perangkat

dapat mengaksesnya. Komputer tidak lagi menjadi satu-satunya perangkat yang

dapat menjalankan berbagai aplikasi di internet. Setiap aplikasi harus didesain

untuk dapat digunakan pada komputer pribadi, perangkat genggam seperti

ponsel dan PDA, ataupun server internet.

Sedangkan karakteristik terakhir, adanya kemajuan inovasi pada antar-muka

(interface) di sisi pengguna. Dukungan AJAX yang menggabungkan HTML, CSS,

Javascript, dan XML pada Yahoo!Mail Beta dan Gmail membuat pengguna

merasakan nilai lebih dari sekedar situs penyedia e-mail. Kombinasi media

komunikasi seperti Instant Messenger (IM) dan Voice over IP (VoIP) akan

semakin memperkuat karakter Web 2.0 di dalam situs tersebut.

Kunci Perbedaan

Menurut Wikipedia, yang menjadi kunci perbedaan dalam Web 2.0 dan Web 1.0

adalah keterbatasan pada Web 1.0 yang mengharuskan pengguna internet

untuk datang ke dalam website tersebut dan melihat satu persatu konten di

dalamnya. Sedangkan Web 2.0 memungkinkan pengguna internet dapat melihat

konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang

bersangkutan. Selain itu, kemampuan Web 2.0 dalam melakukan aktivitas drag

and drop, auto complete, chat, dan voice seperti layaknya aplikasi desktop,

bahkan berlaku seperti sistem operasi, dengan menggunakan dukungan AJAX

atau berbagai plug-in (API) yang ada di internet. Hal tersebut akan merubah

paradigma pengembang sofware dari distribusi produk menjadi distribusi

layanan. Sedangkan karakter lainnya, kolaborasi dan partisipasi pengguna, ikut

membantu memperkuat perbedaan pada Web 2.0.

Suatu website dapat saja memasukkan beberapa bahkan tujuh karakter Web

2.0 di dalam situs yang dibangunnya. Semakin banyak karakter yang masuk ke

dalam website tersebut, suatu situs akan mendekati Web 2.0. Yang terpenting

bukanlah klaim sebagai Web 2.0, namun mampukah dampak perkembangan

tersebut menjembatani pengguna internet dengan kepentingan perusahaan,

komunitas, atau Anda dengan menggunakan Web 2.0?

sumber : Ridwan Sanjaya,

http://ridwansanjaya.blogspot.com/2006/07/web-20-gelombang-baru-di-dunia.html

http://nanascouting.blogspot.com/2010/04/perkembangan-web-10-20-dan-30.html

http://erabaru.net/iptek/90-komputer-a-internet/4635-tim-berners-lee-pencipta-internet

Tugas   : Pengantar Web Science

NPM   : 52409037

Nama   : Muhammad Edwin Hermawan

Kelas   : 2IA20

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s