Arti & Tujuan Komunikasi Data

Komunikasi Data adalah tranmisi data elektronik melalui beberapa media. Media tersebut dapat berupa kabel koaksial, fiber optik, mikrowave, dan sebagainya. Sistem yang memungkinkan terjadinya tranmisi data sering kali disebut dengan jaringan komunikasi data. Jaringan ini merupakan komponen penting dari informasi yang dilakukan oleh masyarakat sekarang ini, yaitu masyarakat yang didominasi oleh komputer dan yang membutuhkan informasi.

Informasi adalah komoditi yang dapat diperjualbelikan. Dapat dikatakan bahwa nilai sistem komunikasi didasarkan pada informasi pengetahuan yang dikirimkan oleh sistem dan kecepatan berjalannya informasi pengetahuan tersebut. Jaringan komunikasi data kecepatan tinggi mengirimkan informasi dengan cepat, sehingga pengirim dan penerima informasi tersebut merasa saling berdekatan. Oleh karena itu, sistem komunikasi yang baik merupakan komponen utama dari berhasilnya suatu organisasi bisnis. Kemampuan menyediakan informasi dengan tepat waktu dan tepat model merupakan kunci kehidupan bisnis saat ini hingga masa yang akan datang.

Fungsi Sistem Komunikasi Data Dalam Lingkungan Bisnis dapat dikategorikan oleh hal yang berhubungan dengannya :

  1. Ia harus memberikan informasi kepada orang yang tepat dalam waktu yang tepat pula. Dengan demikian informasi pada situasi yang tepat dengan model dan juga tepat waktu, maka akan didapat keuntungan, sekaligus mengurangi kerugian. Perusahaan sekarang telah menjalankan sistem jaringan komunikasi data yang dapat mengirim teks, suara dan informasi yang berbentuk grafik dengan cepat, yang hal ini tidak dimungkinkan pada waktu-waktu sebelumnya. Dengan memadukan teknologi komputer, surat atau laporan dapat dikirim ke seluruh dunia dalam waktu beberapa detik dan menit.
  2. Sistem komunikasi data harus memperoleh data bisnis selagi data tersebut dibuat. Sistem komunikasi data selalu digunakan sebagai mekanisme masukan untuk memperoleh data mengenai operasi sehari-hari bisnis selagi data itu dibuat. Aplikasi komputer on-line memungkinkan bisnis masuk ke informasi pelanggan, menghasilkan faktur kepada pelanggan dan menyediakan informasi inventaris dan pengiriman, sementara paelanggan sedang melakukan transaksi. Selanjutnya, bila informasi telah masuk ke dalam sistem, ia akan bisa digunakan oleh pemakai lain pada waktu itu juga.
  3. Sistem Komunikasi data memungkinkan orang dan bisnis yang mempunyai lokasi geografi berlainan dapat saling berkomunikasi. Sistem komunikasi data memungkinkan antar pekerja perusahaan yang terpisah jauh dapat bekerja seolah-olah mereka bekerja secara berdekatan. Kantor pusat perusahaan dapat berkomunikasi dengan operasi manufakturnya dengan jarak lokasi geografi yang berjauhan untuk keperluan administrasi. Data barang, pegawai, inventaris dan data perusahaan lainnya dapat dikirimkan dari satu lokasi ke lokasi lain dengan jaringan komunikasi data berkecepatan tinggi. Dengan cara ini, badan usaha tersebut dapat beroperasi sebagai satu kesatuan yang utuh.

Sumber : Pengantar Komunikasi Data, Suryadi H.S

2 responses to “Arti & Tujuan Komunikasi Data

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s