Dasar-dasar Internetworking

Network dan networking telah tumbuh secara eksponensial dalam 15 tahun terakhir satu hal yang dapat dimengerti. Mereka mengalami perubahan yang begitu cepat hanya untuk memenuhi peningkatan pesat dari kebutuhan pengguna yang mendasar seperti berbagi data dan printer, belum lagi kebutuhan yang lebih tinggi seperti video conference. Kecuali jika semua orang yang perlu berbagi data atau printer tersebut berada di lokasi yang sama (suatu hal yang semakin jarang terjadi), tantangannya adalah bagaimana menghubungkan jaringan-jaringan yang saling terkait tersebut sehingga semua pengguna dapat menggunakan sumber daya yang ada di jaringan.

Kondisi lainnya adalah ketka anda harus membagi sebuah network yang besar menjadi network-network yang lebih kecil karena performance network yang lambat. Sebuah network besar cenderung akan melambat akibat lalu lintas data yang terlalu padat sehingga terjadi apa yang dinamakan CONGESTION atau kemacetan. Membagi sebuah network yang besar menjadi network-network yang lebih kecil dinamakan NETWORK SEGMENTATION yang bisa dilakukan dengan ROUTER, SWITCH dan BRIDGE.

Kemungkinan penyebab dari CONGESTION di lalu-lintas jaringan adalah :

  • TERLALU BANYAK HOST
  • BROADCAST STORM
  • MULTICASTING
  • BANDWITCH yang KECIL

ROUTER digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih network dan bertugas sebagai perantara dalam menyampaikan data antar-network. Secara default router berfungsi membagi-bagi atau memecah sebuah broadcast domain.

BROADCAST DOMAIN adalah kumpulan dari alat-alat di sebuah segmen network yang menerima semua paket broadcast yang dikirim oleh alat-alat di segmen tersebut. Memisahkan broadcast domain sangatlah penting karena setiap kali host atau server mengirimkan network broadcast (paket data yang dikirim untuk seluruh host dalam jaringan), setiap peralatan dalam network harus membaca dan memproses data dari broadcast tersebut; ini terjadi kecuali anda memiliki sebuah router. Ketika interface router menerima paket broadcast, ia akan mengatakan “Tidak, terima kasih” dan mengabaikan paket broadcast tersebut tanpa meneruskan ke network yang lain. Walaupun secara default router dikenal juga sebagai alat untuk memisahkan broadcast domain, sebenarnya router juga memisahkan collision domain (collision adalah kondisi dimana telah terjadi tabrakan antar data karena berada pada waktu dan tempat yang sama seperti pada sebuah kabel jaringan).

Dua keuntungan menggunakan router dalam jaringan anda adalah :

  1. Router secara default tidak meneruskan paket broadcast
  2. Router bisa menyaring network dengan menggunakan informasi pada layer (Network Layer) seperti alaman IP)

Berbeda dengan router, switch tidak digunakan untuk membuat internetwork tapi digunakan untuk memaksimalkan jaringan LAN. Tugas utama dari switch adalah membuat LAN bekerja dengan lebih baik dengan mengoptimalkan untuk kerja (performance), menyediakan lebih banyak bandwitch untuk pengguna LAN. Tidak seperti router, switch tidak meneruskan paket ke jaringan lain. Switch hanya menghubung-hubungkan frame dari satu port ke port lainnya di jaringan di mana dia berada.

Secara default, switch memisahkan collision domain. Istilah collision domain adalah istilah di dalam ethernet yang menggambarkan sebuah kondisi network dimana sebuah alat mengirimkan paket pada sebuah segmen network, kemudian memaksa semua alat lain di segmen tersebut untuk memperhatikan paketnya. Pada saat bersamaan, alat yang berbeda mencoba untuk mengirimkan paket yang lain, yang mengakibatkan terjadinya collision (tabrakan). Paket yang dikirim menjadi rusak, akibatnya semua alat harus melakukan pengiriman ulang paket. Situasi ini terjadi biasanya dilingkungan HUB dimana setiap segmen terhubung ke sebuah hub yang dikatakan merepresentasikan hanya satu collision domain dan satu domain. Berbeda dengan hub, setiap port pada switch merepresentasikan collision domain-nya masing-masing.

Sumber : CCNA Study Guide, Todd Lammle

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s