Installasi Quagga / Zebra di Ubuntu 10.10

Hal pertama yang dilakukan saat penginstalan Quagga ini adalah dengan memastikan bahwa komputer ini terhubung dengan koneksi internet. Untuk memastikan koneksi internet yang terhubung yaitu dengan cara masuk kedalam terminal dan login sebagai root dengan perintah SUDO SU lalu memasukkan password yang telah di buat pada saat penginstalan Sistem Operasi. Kemudian mengecek IP address yang terhubung dengan internet dengan perintah ifconfig. Setelah IP address sesuai dan dapat terhubung internet, maka dapat langsung menginstallnya dengan cara :

Setelah Quagga selesai terinstall, kemudian edit daemon file di dalam directory /etc/quagga/ :

Saat selesai memasukkan vim/etc/quagga/daemons tadi, akan muncul isi dari file daemon di dalam directory /etc/quagga :

Isi dari file daemons, terdapat Zebra, Bgpd, Ospfd, Ospf6d, Ripngd, dan Isisd. Semua itu merupakan protokol yang akan digunakan untuk melakukan proses routing. Untuk protokol Zebra, itu merupakan protokol wajib yang harus diaktifkan karena Zebra menghubungkan software Quagga ke dalam kernel. Pada penulisan ini sayan akan mengaktifkan protokol ospf karena kita akan menggunakan protokol ini untuk melakukan proses routing. Cara mengaktifkan zebra dan protokol ospf cukup mengganti “no” menjadi “yes”. Setelah kita ganti zebra = no menjadi zebra = yes dan ospf = no menjadi = yes lalu kita save dan keluar dari mode edit. Setelah kita keluar dari mode edit lalu kita cek file daemon apakah kedua protocol tersebut sudah aktif atau belum aktif.

Dari gambar diatas zebra dan protokol ospf sudah aktif dan siap digunakan untuk proses routing. Karena pada saat mengubah file daemons yang penulis pakai adalah protocol Zebra dan protocol OSPF, maka yang di salin file konfigurasinya zebra.conf dan ospfd.conf dengan perintah :

Perintah cp adalah perintah untuk menyalin sebuah file. Sehingga file zebra.conf.sample yang terdapat pada direktori /usr/share/doc/quagga/ akan disalin kedalam direktori /etc/quagga/ dan filenya diubah menjadi zebra.conf. Begitu juga dengan protocol ospf, kita salin file konfigurasinya ospfd.conf.

Setelah menyalin file konfigurasi, daemon protocol diaktifkan:

Quagga start adalah perintah untuk mengaktifkan Quagga. Selain quagga start, terdapat juga perintah quagga restart untuk merestart quagga dan meruba konfigurasi menjadi semula, dan juga quagga stop untuk menghentikan aplikasi quagga.

Untuk masuk kedalam Zebra dan OSPF dengan cara menggunakan melakukan Telnet ke IP localhost dengan port dari aplikasi routing protocol. Untuk mengetahui port dari aplikasi routing protocol dilihat dengan cara:

Dari netstat yang muncul pada protocol zebra dan protocol ospf, dapat dilihat bahwa port yang di gunakan untuk melakukan telnet adalah 2601 dan 2604. IP yang dituju adalah 127.0.0.1 atau yang disebut IP localhost. Dengan demikian untuk masuk kedalam zebra, dilakukan dengan menggunakan port tersebut, dengan cara berikut:

Telnet localhost 2601 dan Telnet localhost 2604 adalah perintah untuk menghubungkan ke localhost atau ke dalam komputer itu sendiri dengan nomor port 2601 dan 2604. Sehingga telnet di lakukan pada localhost dan yang dituju adalah port 2601 dan 2604 atau port Zebra dan port OSPF. Untuk menjalankan software quagga. Pada saat muncul tampilan trying 127.0.0.1, artinya telnet sedang mencoba untuk mengkoneksi ke IP localhost yaitu 127.0.0.1. Tampilan Connected to localhost. localdomain. menandakan bahwa telnet berhasil dilakukan dan berhasil terkoneksi. Tampilan Escape character is ‘^]’. menjelaskan bahwa untuk keluar dari software quagga dapat menggunakan karakter ^]. Lalu Hello, this is Quagga hanya banner yang memberikan informasi tentang versi Quagga dan juga Copyright beserta pembuatnya yaitu Kunihiro Ishigiro. Dan untuk memulai konfigurasi Quagga di butuhkan password untuk masuk kedalam Quagga nya. Password default dari Quagga ini adalah “zebra”, dan password ini dapat diubah demi keamanan PC Router ini.

 

*********************************************************************

Muhammad Edwin Hermawan – Gunadarma University

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s